Siapa Hamas? Dianggap sebagai Golongan Teroris oleh Barat, Tetapi Dianggap sebagai Pahlawan oleh Warga Palestina

Redaksi | Sabtu, 14 Oktober 2023 03:54 WIB | 80 kali
Siapa Hamas? Dianggap sebagai  Golongan Teroris oleh Barat,  Tetapi Dianggap sebagai Pahlawan oleh  Warga Palestina

Hamas merupakan sebuah faksi militer Palestina yang menguasai Daerah Jalur Gaza. Nama mereka merupakan singkatan dari "Harakat al-Muqawama al-Islamiya," yang diterjemahkan sebagai "Gerakan Perlawanan Islam" dan dalam bahasa Arab berarti "semangat."

Dilansir dari laman BBC News Indonesia, Golongan ini bersumpah Buat menghancurkan Israel dan menggantikannya dengan negara Islam.

Hamas telah terlibat dalam beberapa konfrontasi bersenjata dengan Israel sejak mereka mengambil alih kekuasaan di Gaza pada tahun 2007.

Mereka telah meluncurkan ribuan roket ke Daerah Israel atau mendukung Golongan Agresif lain Buat melakukannya, serta melancarkan serangan-serangan berbahaya lainnya.

Sebagai tanggapannya, Israel telah sering melakukan Agresi udara terhadap Hamas dan juga mengirim Laskar ke Gaza dalam dua perang terpisah. Berbarengan Mesir, Israel telah memberlakukan blokade di Jalur Gaza sejak tahun 2007 dengan Dalih keamanan.

Hamas, atau dalam beberapa kasus sayap militernya yang dikenal sebagai Brigade Izzedine al-Qassam, telah ditetapkan sebagai Golongan teroris oleh Israel, Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris, serta beberapa negara lainnya.

Iran memberikan dukungan finansial, senjata, dan pelatihan untuk Golongan ini.

(Foto/Gambar: Ilustrasi Hamas/BBC News Indonesia)



Yuk Bagikan :

Baca Juga