Jelang Ramadhan, Yuk Simak Beberapa Masakan Khas Ramadhan dari Berbagai wilayah di Indonesia

Redaksi | Selasa, 21 Februari 2023 02:26 WIB | 99 kali
Jelang Ramadhan, Yuk Simak Beberapa  Masakan Khas Ramadhan dari Berbagai  wilayah di Indonesia

Kurang lebih 30 hari Tengah umat muslim akan memasuki bulan Bersih Ramadan. Tentunya kurang lengkap Kalau Nir membahas Masakan khas Ramadhan dari berbagai wilayah di Indonesia. Bukan sekadar jajanan pasar biasa, Masakan khas Ramadhan Mempunyai cita rasa yang Spesifik dan sifatnya musiman. Selain bulan puasa, rasanya akan sulit menemukan kuliner-kuliner tersebut.

 

Nah, berikut ini beberapa Masakan khas Ramadan yang wajib dicoba:

 

1. Kolak

Semua Niscaya setuju Kalau kolak ini paling identik dengan bulan Ramadhan. Kolak merupakan perpaduan antara pisang kepok dan ubi yang direbus dengan campuran kuah santan, gula merah, cengkeh, dan daun pandan. Perpaduan kuah ini akan memberikan rasa manis dan gurih yang Enak di lidah.

Selain buah pisang, kolak biji salak juga kerap kita temui Ketika bulan Ramadhan. Kolak biji salak terbuat dari ubi jalar yang dibentuk bulat, Lampau dicampur dengan tepung tapioka. Walau ketika ini sudah Bisa ditemui di mana saja, Tetapi kolak sejatinya berasal dari Sumatera Barat.

 

2. Ketan Bintul

Makanan khas Ramadan selanjutnya berasal dari wilayah Banten, Yakni ketan bintul. Konon, menu berbuka puasa Esa ini sudah Eksis sejak abad ke-16. Bukan Cuma ketan biasa, ketan bintul diberi taburan serundeng di Porsi atasnya.

Serundeng merupakan kelapa parut yang telah diolah dengan berbagai rempah-rempah. Perpaduan ketan dan serundeng ini memunculkan cita rasa gurih nan lezat. Lebih Aneh lagi, biasanya ketan bintul disantap dengan kuah semur, maupun empal daging sapi.

 

3. Kicak

Tidak Cuma dikenal dengan gudeg, Eksis Esa jajanan pasar yang wajib kita coba ketika berkunjung ke Yogyakarta utamanya ketika bulan puasa, bernama kicak. Masakan khas ini terbuat dari ketan yang telah ditumbuk halus, Kemudian dicampurkan dengan santan, nangka, dan juga kelapa parut. Setelah diolah, nantinya kita akan merasakan rasa manis dari nangka, serta gurih dari kelapa parut dan santan.

 

4. Bubur Pacar Cina

Salah Esa takjil khas Betawi, bubur pacar cina merupakan Masakan khas Ramadhan yang patut dicoba. Berbeda dengan bubur pada umumnya, Masakan khas Betawi Esa ini terbuat dari tepung sagu.

Pengolahannya juga sangat sederhana, Yakni dengan merebus biji pacar cina hingga matang. Kemudian, campurkan ke dalam olahan kuah santan, gula pasir, garam, dan daun pandan. Disajikan dengan tambahan es batu, rasa segar pada bubur pacar cina sangat melegakan haus setelah sehari penuh berpuasa.

 

5. Barongko

Barongko merupakan salah Esa Masakan khas Ramadan yang wajib dicicipi Saat berkunjung ke Makassar. Pasalnya, perpaduan pisang, telur, santan, serta gula dan garam tercampur sempurna di lidah kita.

Ditambah lagi, Sebab dibungkus dengan daun pisang, tentunya akan menambah aroma harum pada barongko. Mempunyai tekstur lembut dan rasa yang manis, barongko menjadi sajian buka puasa yang tepat.

 

6. Mie Glosor

Kuliner khas Ramadhan Esa ini  terbuat dari mie, makanya dinamakan mie glosor khas Bogor. Bukan Cuma namanya yang unik, tekstur mi glosor juga berbeda dengan mie pada umumnya.

Mie glosor terbuat dari tepung singkong atau aci. Sehingga, tekstur mie jadi licin dan mudah ditelan. Selain itu, mie glosor terbuat dari bahan alami. Sebab Rona kuning pada mie berasal dari pewarna alami, Yakni kunyit.

Penyajian Masakan Ramadhan Esa ini juga unik. Bukan Cuma ditumis Berbarengan dengan sayuran. Tetapi nantinya juga akan disajikan dengan sambal kacang dan gorengan sebagai pelengkap.

 

7. Kue Bingke

Di Pontianak kita juga akan menemukan Masakan khas Ramadan bernama bingke. Karakteristik khas kue bingke terletak dari bentuknya yang seperti bunga. Soal rasa Tak perlu diragukan. Kue bingke khas Pontianak Mempunyai tekstur lembut. Rasanya gurih dan manis akan sangat memanjakan lidah. Cocok Untuk makanan pembuka setelah berpuasa.

 

8. Putu Mangkok

Terbuat dari tepung beras, putu mangkok menjadi salah Esa takjil yang Tak boleh dilewatkan ketika ke Riau. Kue putu mangkok Mempunyai perpaduan rasa manis dan gurih yang pas. Hal ini berkat parutan kelapa pada Porsi luar kue. Mungkin sekilas akan mirip dengan putu pada umumnya. Bedanya dari Wujud kue, Yakni mirip mangkuk terbalik.

 

9. Bongko Kopyor

Jalan-jalan ke Gresik, Jawa Timur ketika bulan puasa jangan lupa menjajal bongko kopyor atau dikenal dengan bubur nangka dan kelapa kopyor. Sangat unik, pasalnya bongko kopyor berisikan bubur mutiara, nangka, roti tawar, kelapa muda, pisang, dan kuah santan. Biasanya bongko kopyor dibungkus dengan daun pisang. Sehingga Ketika menyantapnya akan menambah cita rasa aroma daun pisang.

 

10. Toge Panyabungan

Toge panyabungan merupakan Masakan khas Ramadhan dari Mandailing Natal, Sumatera Utara. Masakan ini berbentuk minuman manis yang cocok diteguk Ketika berbuka puasa. Minuman ini berisikan ketan merah, ketan biasa, tape, candil, dan lupis. Semuanya dipadukan dengan santan, gula merah cair, serta cendol yang saling melengkapi.

 

 

(sumber: artikel www.kemenparekraf.go.id #edited)



Yuk Bagikan :

Baca Juga