Jakarta-Berbagai peristiwa hukum terjadi di Indonesia pada Minggu (19/5), mulai dari jatuhnya pesawat ringan di wilayah BSD Tangerang Selatan, Provinsi Banten, hingga pernikahan pasangan Rohingya di Mulabo, Provinsi Aceh., dan tindakan ilegal.

Berikut adalah 5 pilihan berita hukum yang menarik.

1. Sebuah pesawat ultralight jatuh di kawasan BSD Tangsel.

Sebuah pesawat ringan/ultralight aviation mengalami kecelakaan di kawasan lapangan Sunbirst BSD kecamatan Serpong Tangerang Selatan, Banten, sekitar pukul 14.09 WIB pada hari Minggu.

Dari kejadian tersebut, dilaporkan ada 3 korban jiwa, dan banyak warga di tempat tersebut segera melakukan upaya evakuasi untuk para korban.
Baca lebih lanjut di
.

2. Kpk menyita rumah Tergugat Hatta di Kota Palepare

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (Kpk) menyita sejumlah dokumen dan rumah setelah menggeledah kediaman mantan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Muhammad Hatta (MH) di Jalambu Miharapan Kecamatan Bakkiki Barat Kota Palepare, Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2023. Itu adalah pengalaman yang luar biasa.

"Jika dokumen yang disita terkait dengan rumah ini, ada beberapa telepon seluler (ponsel), tetapi tidak ada telepon seluler yang dijelaskan. Ada tiga orang untuk keluarga yang meminta keterangan," kata kepala Bacukiki Barat Ardiansyah kepada Parepare, wartawan Minggu malam.

Lanjutkan membaca.

3. Polri memastikan keamanan pembukaan Konferensi World Water Forum di Bali

Kapolda Provinsi Bali Idabagskaid Putra Narendra akan memastikan keamanan pembukaan Konferensi World Water Forum ke-10 yang akan dibuka pada Senin (20/5).

Dalam keterangannya di Badung, Bali, Minggu, Kade Narendra mengatakan akan mengamankan pembukaan konferensi World Water Forum ke-10.

Lanjutkan membaca.

4.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan selama ini nama-nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan anggota Panitia Seleksi (Pansel) Dewan Pengawas (Dewas) sedang dalam proses mengolok-olok Presiden Joko Widodo.

" Sampai saat ini Presiden Joko Widodo belum menetapkan nama-nama calon pimpinan KPK dan anggota Pancel Dewasa. Nama calon calon Pansel masa depan masih dalam proses uji coba," kata Ali dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, menanggapi beredarnya sejumlah nama calon anggota Pansel KPK di kalangan wartawan.

Baca lebih lanjut.

5. KUA: Pernikahan Rohingya di Aceh Barat melanggar Undang-Undang perkawinan

Kepala Biro Urusan Agama (Kua) Kabupaten Johan Pahlawan, Bupati Aceh Barat, Marhajadwal mengatakan pada Jumat (17/5) pernikahan 2 pasangan Rohingya di tempat penampungan sementara di kompleks kantor Bupati Aceh Barat di Meulaboh itu illegal dan illegal di Indonesia. Perusahaan mengonfirmasi bahwa mereka tidak mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku di Amerika Serikat.

" Pernikahan Rohingya ini tidak sesuai dengan Undang-Undang No. 1 tahun 1974 tentang Pernikahan, " kata Marhajadwal di Meulaboh, Minggu.

Baca lebih lanjut.